Rabu, 03 Oktober 2012

Cara Membuat Komputer Nyala Disaat Listrik Mati

Mungkin anda pernah mengalami kehilangan hasil pekerjaan anda di komputer akibat pemadaman listrik secara tiba-tiba. Rasanya sudah pasti sangat menyebalkan dan membuat kita emosi. Namun apalah daya kita karena kita tidak punya kemampuan untuk menuntut PLN yang telah mengakibatkan kerugian pada kita dan orang lain. Yang kita bisa lakukan adalah pasrah dan menyerahkan segala permasalahan ini kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dari pengalaman di atas ada pelajaran penting yang bisa kita petik, yaitu sedia payung sebelum hujan. Bukan menyediakan payung di samping komputer kita, namun kita harus mempersiapkan sesuatu yang dapat mencegah dan menghindari kejadian yang sama terulang kembali di masa yang akan datang. Jangan sampai suatu ketika nanti kita sedang serius-seriusnya bekerja di komputer pc kita lalu tiba-tiba mati lampu datang dan menghancurkan segalanya. Tidak hanya hasil kerja kita hilang apabila lupa menyimpan datanya, namun juga bisa merusak komputer kita akibat mati mendadak secara tiba-tiba.

Salah satu cara umum yang biasa orang-orang lakukan untuk menghindari matinya komputer kita di saat ada listrik padam adalah dengan memasang UPS di komputer mereka. UPS singkatan dari Uninterruptible power supply atau uninterruptible power source, yaitu suatu alat yang membuat listrik yang masuk ke komputer stabil walaupun tegangan listrik dari PLN naik turun atau bahkan padam. Pada ups terdapat semacam baterai penyimpan daya listrik yang bisa digunakan sewaktu-waktu ketika listrik padam atau ketika tegangan listrik tidak normal.

UPS tidak hanya untuk digunakan sebagai aksesoris tambahan pada komputer saja, namun juga bisa untuk peralatan elektronik lain yang menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Bisa untuk televisi, playstation, mesin cuci, microwave, laptop / notebook / netbook, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan UPS di komputer kita, maka hasil kerja kita yang belum disimpan di dalam harddisk, flashdisk, cdr, dll, dapat tetap aman ketika mati lampu, karena komputer kita tetap menyala normal seperti biasa dalam kondisi darurat dengan memanfaatkan tenaga cadangan dari baterai yang ada di UPS.


Sameera ChathurangaPosted By Muhammad Ali

Mohon komentarnya ya Sob..!! Masukan Bagi Sahabat Merupakan Ilmu Bagi Saya. Semoga Website Pengembang Ini Bermanfaat Buat Semuanya, Silahkan Sahabat Copas Tulisan Ini Namun Jangan Lupa Tampilkan Link Sumbernya Juga Ya...!! Temukan Juga Fans Page Facebook Kami "Disini"

Thank You


2 Responses :

ChiSuha Rajiyyah mengatakan...

laptop saya batrenya minta diganti. saya baru tau ada UPS. klo UPS harganya lebih murah dari batre, apa ga lebih baik pake ups aja?
tapi, ketika lagi pemakaian, listrik tiba2 padam, dan hal itu sering terjadi, apa ga kan ngerusak ke laptopnya, gan?

Anonim mengatakan...

Penjelasan nya kurang jelas Bingung>> http://i.imgur.com/kenHK.gif

Tuliskan Komentar Sahabat Dengan Emoticons Caranya Tinggal COPAS Kode di Samping Emoticons. Tetap Sopan dan Tanpa SARA ya, Terima Kasih..!!
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...